Contact

No. Telp. & WA : +852 67442123
PIN BB : 7E0D6CCC
Facebook : http://www.facebook.com/sari.gunkid
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC-IfoF3aPD9RSGQzU2wJczA
Skype : sari.gunkid


Kamis, 27 Februari 2014

JR ( Jurnal Refleksi ) UCEO T100 Minggu Pertama " Growth Mindset "

Minggu pertama pelajaran yang diberikan dalam UCEO T100 yaitu tentang "Growth Mindset". Seperti yang diuraikan oleh pak Ciputra, tentang scale up. Contohnya sebuah perusahaan mendelegasikan perusahaannya ke orang lain lalu membuka usaha baru dengan jenis yang berbeda.  Sedangkan dari pak Dahlan Iskan, satu hal yang selalu saya ingat dalam usaha itu dibutuhkan kesungguhan. Tekun, fokus dan sungguh-sungguh.

Menurut bapak Sudhamek, bila usaha kita ingin berkembang, harus mempunyai differentiation. Dimana differentiation ini bisa dari produknya, distribusinya maupun komunikasinya. Differentiation ini bukan hanya sekedar perbedaan, tapi perbedaan yang memberikan nilai tambah.  Kalau menurut Sandiaga Uno, untuk proses scale up memerlukan perubahan mindset, lalu keluar dari zona nyaman, dan inovasi.

Dari para inspirator tersebut, diambil kesimpulan oleh bapak Antonius Tanan berdasarkan teori. Dijelaskan bahwa ada 2 lingkaran yaitu berupa keinginan dan kelayakkan. Di tengah-tengah lingkaran tersebut ada yang namanya kehendak. Jadi agar lingkaran kehendak itu besar, maka keinginan juga harus besar. Kelayakkan atau kesanggupan bisa dilakukan dengan memperbanyak informasi yang kita peroleh. Teori selanjutnya oleh pak Nur Agustinus. Beliau menyampaikan  perbedaan antara fixed mindset dan gowth mindset. Orang yang mempunyai fixed mindset itu ciri-cirinya biasanya orang itu selalu berusaha untuk sempurna dan biasanya juga takut untuk gagal sehingga dia merasa bahwa dirinya sudah seperti itu, harusnya seperti itu. Ini berbeda dengan seorang yang memiliki mindset untuk bertumbuh di mana dia terus menerus ingin belajar, selalu ingin mencoba, dan memiliki kualitas untuk yang selalu ditempa, artinya dia selalu menempa dirinya menjadi lebih baik, dan lebih baik.

Pelajaran minggu pertama ini membuat saya semakin bergelora. Ada semangat tersendiri untuk bisa mengikuti jejak langkah dari para inspirator. Senang sekali rasanya bisa mengikuti T100 ini setelah dahulu pada tahap awal telah mengikuti ECW Batch-1. Harapan saya semoga semakin banyak warga Indonesia yang berubah mindsetnya untuk menjadi entrepreneur.

Salam Entrepreneur.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar