Contact

No. Telp. & WA : +852 67442123
PIN BB : 7E0D6CCC
Facebook : http://www.facebook.com/sari.gunkid
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC-IfoF3aPD9RSGQzU2wJczA
Skype : sari.gunkid


Sabtu, 12 April 2014

Tourism Marketing

Culture
Yang termasuk ke dalam culture yaitu seluruh jenis toursm yang berfokus pada kebudayaan sebagai hasil ciptaan manusia.  Tahap pertama adalah pleasure tourism yaitu seluruh jenis tourism hasil cipta manusia yang bersifat dan dapat dinikmati oleh manusia.  Contohnya souvenirs , pertunjukkan tarian, kerajinan tangan, makanan, musik, dll.  Efforts yang dibutuhkan untuk menikmati tourism ini tidak terlalu banyak, hanya sebatas pengorbanan materi.  Setiap tempat tujuan pariwisata pasti memiliki ini karena merupakan memorabilia atau signature dari suatu daerah.

Event Tourism merupakan perkembangan dari pleasure tourism. Pada bagian ini, produk-produk pariwisata dibungkus dalam satu acara yang mengombinasikan berbagai macam produk dari produsen yang berbeda.  Biasanya ditampilkan dalam bentuk festival, special events, pameran,dll.

Penciptaan event tourism ini membantu para turis lebih mudah memperoleh pengalaman saat berkunjung ke sau daerah secara lengkap, selain itu tourism tipe ini berguna sebagai image builder suatu daerah. 

Enrichment Tourism adalah bagian tertinggi dari culture. Kebudayaan yang dipandang sebagai salah satu kekayaan dunia semenjak dari zaman dahulu (heritage), menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.  Tourism ini merupakan salah satu bentuk aktualisasi diri dengan cara melestaikan kebudayaan, baik dengan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan melalui pembelajran personal maupun dengan pemberian pengetahuan dan perbaikan ekonomi kepada masyarakat atau komunitas setempat untuk lebih maju.

Nature
Nature di tourism merupakan segala macam jenis tourism yang menawarkan alam sebagai daya tarik utamanya. 
1. Leisure Tourism, yang temasuk didalamnya adalah seluruh jenis aktifitas pasif yang dilakukan tourism untuk menikmati alam.  Tujuan mngikuti jenis tourism ini adalah sekedar bersantai menikmati keindahan alam dan terlepas dari kejenuhan atau aktivitas sehari-hari. 

2. Outdoor Tourism
Salah satu cara untuk menikmati alam adalah berinteraksi secara langsung melalui berbagai kegiatan yang memanfaatkan alam sebagai obyeknya. 

3.  Enhancement Tourism
Tidak lagi melihat alam sebagai obyek untuk dieksploitasi, namun lebih kepada bagaimana cara melestarikan kekayaan alam dan menjaga sustainibility ekosistem yang termasuk di dalamnya.  Turis di level ini memandang kita sebagai manusia diserahi tugas dan tanggung jawab yang besar untuk menjaga planet bumi.  Manusia berhak untuk memanfaatkannya namun disertai tanggung jawab moral yang baik.

Adventure
Adventure merupakan kombinasi dari antara culture dan nature. Namun pembedanya ada di faktor pribadi manusia yang haus akan tantangan dan perlu suatu hal yang kreatif dalam mengekspresikannya. 

1. Discovery Tourism
Yang menawarkan aktivitas "berpetualang" untuk melihat kekayaan alam atau budaya dengan cara yang lebih sophisticated dan kreatif.  Contohnya melihat live lava di Hawaii dengan helikopter.

2. Exploration Tourism
Turis memiliki kesempatan untuk menjelajahi seluruh objek wisata lebih dalam, bertujuan untuk mencari suatu pengalaman yang berbeda dari turis biasanya. 

3. Enlightenment Tourism
Tourism jenis ini merupakan tourism yang menantang dan membutuhkan nyali besar untuk menjalaninya.  Adrenalin memegang peranan penting, turis di level ini akan mencoba berbagai macam hal yang extreme untuk memuaskan hasrat mereka akan adrenaline.  Turis di bagian ini biasanya merupakan orang-orang ang professional dan terlatih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar