Contact

No. Telp. & WA : +852 67442123
PIN BB : 7E0D6CCC
Facebook : http://www.facebook.com/sari.gunkid
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC-IfoF3aPD9RSGQzU2wJczA
Skype : sari.gunkid


Kamis, 02 Juni 2016

Paskibra Hong Kong 2016

Berawal dari pengumuman di media sosial Facebook pada fanpage KJRI Hong Kong yang mengumumkan tentang pendaftaran seleksi Paskibra Hong Kong 2016. Tidak ada persyaratan khusus yang tercantum di dalam pengumuman tersebut. Akhirnya saya mencoba untuk mendaftarkan diri karena persyaratan tinggi badan minimal 155cm dan kebetulan tinggi badan saya 155cm. Dalam hati, saya berpikir kalau diterima ya alkhamdulillah, bisa menjadi kenangan istimewa bulan-bulan terakhir sebelum pulang ke Indonesia, kalau nggak lolos ya nggak apa-apa, berarti belum rezeki. Adapun yang menjadi motivasi saya mendaftarkan diri untuk seleksi Paskibra adalah karena panggilan jiwa..Aku cinta Indonesia. Kenapa baru kali ini mendaftarkan diri, sedangkan sejak 2003 saya sudah bekerja di Hong Kong? Apakah karena tidak cinta Indonesia? Bukan..bukan karena itu...tapi waktu itu belum berpikiran seperti sekarang ini dan juga sibuk dengan kegiatan organisasi maupun kursus serta kegiatan lainnya. Kalau sekarang ini, saya sudah santai karena sudah mengundurkan diri dari beberapa kegiatan sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan diri pulang seterusnya ke Indonesia. Adapun panitia seleksi dan panitia HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Hong kong yaitu :
1. Bapak Andry ( konsul imigrasi ) sebagai ketua panitia
2. Bapak Imik ( konsul bea cukai ) sebagai wakil ketua
3. Bapak Danur ( konsul polri ) sebagai koordinator upacara

Suatu hari mendapat pesan di WhatsApp tentang daftar nama peserta seleksi calon Paskibra Hong Kong 2016 yang berjumlah 212 pendaftar dan nama saya ada dalam daftar tersebut. Seleksi tahap pertama dimulai yaitu tanggal 8 mei 2016. Seleksi dilaksanakan di ruang Ramayana KJRI. Seleksi ini meliputi seputar biodata diri dan baris berbaris. Dijelaskan pula bahwa peserta seleksi yang terpilih harus bisa libur tanggal 16 dan 17 agustus serta tanggal 16 agustus malam harus menginap di wisma konjen. Waktu itu, saya sempat berdebar-debar juga saat menunggu panggilan untuk seleksi. Namun sudah tenang kembali saat berdiri di depan panitia untuk melakukan tes seleksi. Hari itu setelah tes seleksi, saya langsung pergi karena harus kursus bahasa inggris di Caritas, Fortress Hill.

Beberapa hari setelah seleksi, ada seorang teman memberitahu bahwa saya terpilih masuk seleksi tahap kedua sebanyak 21 orang untuk diseleksi lagi menjadi 13 orang. Tanggal 15 mei seleksi kedua dilaksanakan di ruang Ramayana lagi. Karena pintu belum dibuka, saya ikut menunggu di bawah...eehh..ternyata saat pintu dibuka, sudah banyak peserta di dalam. Nggak apa-apa...belum terlambat.hehehe...Seleksi tahap kedua ini masih tentang baris berbaris dengan cara sendiri-sendiri dan berkelompok serta mengucapkan Pancasila dengan kelima silanya. Seleksi tahap kedua ini saya lebih tenang ( nggak berdebar-debar lagi ). Setidaknya...sampai pada seleksi tahap kedua ini, saya sudah ikut mengukir sejarah  untuk berkibaranya bendera merah putih di Hong Kong. Seleksi berlangsung cepat, sehingga saya masih ada waktu untuk bisa mengikuti kursus bahasa inggris lagi. Tidak lupa, selesai seleksi tahap kedua, peserta menyempatkan diri untuk foto bersama panitia yang saat itu hadir yaitu bapak Imik ( konsul bea cukai ) dan pak Andry ( konsul imigrasi )


Hari selasa minggu berikutnya, saya mendapat khabar dari teman bahwa nama saya tercantum dalam daftar peserta seleksi Paskibra sebanyak 13 orang dan teman tersebut tidak lolos seleksi tahap kedua, mungkin belum rezekinya. Alkhamdulillah, saya bersyukur bisa lolos seleksi tahap kedua dan selanjutnya mempersiapkan mental dan jiwa raga untuk latihan baris berbaris setiap hari minggu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar